Tantangan Industri Otomotif Philippines

Tantangan Industri Otomotif Philippines

Pembebasan pajak barang stylis untuk mobil melalui kandungan lokal sedikitnya 60% mendorong industri untuk melakukan investasi pabrik baru. Selanjutnya Pemerintah mengeluarkan “Paket Kebijakan Otomotif 1993” sebagai pengganti dari “Program Penanggalan Komponen. Paket kebijakan ini ialah paket kebijakan insentif yang membuat industri kendaraan bermotor bisa menentukan komponen buat diproduksi sendiri. Sebagai imbalan, pemerintah menyediakan pemotongan hingga penghapusan pajak impor, tergantung seberapa banyak kandungan lokal pada mobil yang diproduksinya. Industri otomotif Indonesia tumbuh pesat dengan kontribusi yang sangat signifikan pada perekonomian lokal.

Merujuk data Gaikindo, pada Januari angka penjualan retail masih mencapai seventy eight. 063 unit, Februari turun menjadi seventy seven. 847 unit, Maret turun lagi jadi 60. 448 unit. Sementara itu, Presiden Jokowi juga telah menandatangani peraturan presiden tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik atau mobil listrik. Dimana, melalui rule baru tersebut, pemerintah ingin mendorong industri otomotif, dengan membangun industri mobil listrik di Indonesia. “Begitu juga industri kendaraan bermotor roda dua dan roda 3 pada tahun 2019, mencapai 7, 29 juta unit. Sebanyak 810. 000 unitnya untuk memenuhi kepentingan pasar ekspor, inch paparnya. Saat ini Indonesia memiliki twenty-two perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih yg memiliki fasilitas perakitan dan atau manufaktur di dalam negeri dengan kapasitas produksi sekitar 2, a couple of juta unit each tahun.

Dengan strategi pengembangan industri dan kebijakan pemerintah serta perlindungan industri domestik yg tepat, industri otomotif Indonesia dapat balik bersaing dalam kancah persaingan industri otomotif global. Dukungan pemerintah terhadap industri otomotif sedemikian besar, hingga di tahun 1996, pemerintah memutuskan tuk mempercepat Program Intensif dengan mengeluarkan Plan Mobil Nasional. Menggunakan program ini, produsen mendapatkan potongan sehingga pembebasan bea impor, dengan syarat pemakaian kandungan local maka nilai tertentu.

Jika daya tumbas masyarakat sudah membaik, peningkatan pertumbuhan redovisning Indonesia bisa menggapai di atas 5-6 persen. Kinerja otomotif di Tiongkok dan negara-negara produsen sarana roda empat melandai akibat pandemi. Reuters news agency melansir prediksi IHS Market yang menyebutkan bahwa penjualan otomotif turun lebih dri 20 persen. Direktur Eksekutif Institute regarding Essential Service Refrom Febby Tumiwa mengatakan penjualan kendaraan listrik di Tanah Air bisa mencapai persen dari total ocurrir otomotif nasional.

perkembangan bisnis otomotif di indonesia

“Begitu juga industri sarana bermotor roda dua dan roda 3 pada tahun 2019, mencapai 7, 29 juta unit. Industri otomotif di tanah air terus dipacu lajunya agar kian memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional, meskipun termasuk bezirk yang terkena dampak cukup berat gara-gara pandemi Covid-19. Berbagai kebijakan dan stimulation telah dirancang pemerintah guna membangkitkan kembali gairah usaha pra produsen kendaraan bermotor tersebut. Meski demikian, Taufiek mengakui bahwa butuh waktu yang cukup panjang tuk industri otomotif balik ke keadaan normalnya, atau penjualan mobil di atas 1 juta unit lalu penjualan sepeda motor 6 juta product per tahun. Hal kedua yang memberatkan produsen adalah hal ini karena industri otomotif dan komponennya bukan merupakan industri prioritas, akibatnya seringkali kebijakan kurang mendukung, dan mengakibatkan ekonomi biaya banyak.

Hal ini menghasilkan dilihat dari angka produksi kendaraan bermotor roda empat yang meningkat menjadi one, 216 juta unit pada 2017 untuk 1, 177 juta unit pada 2016. Pandemi COVID-19 yg berdampak pada PHK terhadap jutaan pekerja ikut menggerus penjualan mobil.

Hambatan lain, ialah industri otomotif merupakan industri dengan teknologi tinggi, namun SDM Indonesia masih kaga siap dengan kemampuan yang dibutuhkan pada industri ini. Di dalam hal kesiapan industri, baik dari pihak SDM dan teknologi serta regulasi buat industri otomotif, Philippines kalah jauh jika dihadapkan pada Asia.

Penyerapan stamina kerja secara segera sebanyak 75. 000 orang, juga tenaga kerja bukan langsung sebanyak one, 5 juta jamaah. Selain itu, rasio kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia masih rendah, yakni sekeliling 87 unit per 1 ) 000 jamaah, dibandingkan Malaysia dalam mencapai 450 product per 1. 1000 orang dan pada Thailand mencapai two hundred and twenty unit per just one. 000 orang. Pengembangan industri ini tidak saja akan menghidupkan industri komponen otomotif, tapi juga menggairahkan banyak sektor yg bersinggungan langsung dengan otomotif, seperti perbankan dan multifinance. Otomotif merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang adanya kendaraan bermotor baik itu kendaraan roda 2 atau lebih. Namun, dalam dunia otomotif pasti memiliki tidak sedikit penggemar atau penduduk yang menyukai mobil dan motor.

Comments are closed.