Tips Cara Memulai Bisnis Buka Usaha Sendiri Sukses

Tips Cara Memulai Bisnis Buka Usaha Sendiri Sukses

Beberapa bisnis mungkin mengharuskan wirausahawan untuk merugi dulu untuk membangun posisi. Contohnya, bila Anda adalah orang pertama yang membangun warnet di lingkungan.

Ali pun berinovasi mulai dari produk, bukan hanya berupa makaroni, tapi ada bihun dan mie kering, hingga otak-otak. Ia juga berinovasi dalam konsep gerai yang menarik dan nama produk yang nyeleneh tapi mudah diingat “Ngehe”. Keberhasilan Lizzie membangun brand BLP Beauty karena ia memilikipassiondi bidang kecantikan.

cara mudah sukses bisnis

TEMPO. CO, Jakarta – Banyak orang yang takut berwirausaha sebab tidak sedikit dari orang di sekitar yang mungkin membuka bisnis, namun tidak berhasil. Sebenarnya, hal tersebut hanya disebabkan oleh satu hal, yakni ketidakpahaman dalam menjalankan usaha itu sendiri.

Anda juga harus melakukan riset pasar terlebih dahulu, untuk mengetahui ada peluang usaha apa saja yang sangat diperlukan oleh masyarakat pada umumnya. Anda juga bisa menentukan bagaimana mengelola bisnis ini, dengan kondisi pasar yang ada. Segala informasi penting tersebut akan diperoleh dari hasil riset pasar. Langkah lain untuk mengetahui end-customer adalah dengan memperhatikan basis komunitas konsumen yang terbentuk sehingga perusahaan dengan mudah berfokus pada segmen tersebut. Di samping itu, mengetahui karakteristik end-customer akan memungkinkan perusahaan melakukan bargaining terhadap retailer atau distributor berbasis komunitas konsumen yang baik dan besar. Entrepreneur Camp merupakan portal para pebisnis untuk mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis, berbagi ide berbisnis, dan menggunakan produk/layanan demi meningkatkan penjualan.

Selain menjaga hubungan dengan orang-orang yang sudah Anda kenal, Anda bisa bergabung dengan komunitas untuk para pengusaha dan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatannya. Kelak, mereka yang bisa membuat Anda termotivasi untuk terus memajukan bisnis Anda. Ketika bisnis sudah berjalan pun, Anda sebaiknya tetap menjaga gaya hidup sederhana. Jangan merasa bahwa Anda akan menjadi entrepreneur yang sukses bergelimang harta, karena itu akan membuat Anda lupa diri dan hidup bermewah-mewah. Anda harus sadar bahwa menjalankan bisnis itu butuh modal yang tidak sedikit dan Anda harus selalu mengelola keuangan dengan benar. Pelajari bagaimana cara membuat business plan atau rencana bisnis, marketing, branding, manajemen finansial, administrasi perusahaan, dan sebagainya. Ketika Anda banyak belajar, pandangan Anda semakin terbuka.

Pengetahuan akan menjadi investasi utama yang sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis Anda. Meski merupakan seorang pemula, Anda punya kesempatan untuk membangun bisnis yang sukses. Semua entrepreneur yang telah sukses juga dulu pernah seperti Anda yang memulai segala sesuatunya dari nol. Wirausahawan bukan pedagang yang melulu menghitung untung rugi dagangan.

Comments are closed.